Selasa, 08 Agustus 2017

Cara Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis di Microsoft Word.

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA DI MICROSOFT WORD

Penulisan daftar pustaka dalam sebuah tulisan atau karya ilmiah bukanlah sembarangan, melainkan harus memenuhi beberapa aturan baku yang telah ditetapkan.
 • Penulisan diurutkan berdasarkan nama penulis dari mulai huruf A-Z dengan menuliskan nama belakangnya terlebih dahulu. Setelah penulisan nama, berikutnya terdapat penulisan tahun terbitnya buku yang diletakkan di dalam tanda kurung dengan diakhiri tanda titik.
• Tulis judul buku secara miring lalu akhiri dengan tanda titik.
• Berikutnya tulis lokasi buku diterbitkan lalu tambahkan titik dua. Setelah tanda titik dua tuliskan nama penerbit buku tersebut.
Aturan-aturan tadi tentu menyulitkan Anda dalam penyusunan daftar pustaka. Nah untuk memudahkan Anda yang sedang menyusun daftar pustaka, berikut ini kami bagikan cara membuat daftar pustaka secara otomatis di Microsoft Word.
1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah klik menu “References” dan dilanjutkan dengan memilih “Manage Sources”.
2. Jika Anda telah memilih menu “Manage Sources”, kini dalam layar komputer Anda akan muncul kotak “Source Manager”. Berikutnya, klik “New” lalu pilihlah sumber apa yang Anda pakai dalam tulisan Anda. Misal, sumber tulisan Anda adalah buku maka pilihlah “Book”.
3. Langkah berikutnya adalah memilih bahasa yang digunakan dalam penulisan daftar pustaka.Contohnya, jika Anda ingin menggunakan bahasa Indonesia, maka pilihlah “Indonesian”.
4. Sekarang saatnya anda mengisi kelengkapan sumber yang akan Anda tulis di daftar pustaka. Untuk kolom Author, isi dengan nama pengarang atau penulis buku yang Anda jadikan sumber. Jika buku tersebut ditulis oleh lebih dari satu orang, maka Anda tinggal klik “Add” untuk memasukkan nama penulis lainnya, begitu seterusnya.
Untuk kolom “Title” isilah dengan judul buku, kolom “year” diisi dengan tahun buku diterbitkan, kolom “City” diisi dengan kota lokasi buku tersebut diterbitkan, sementara untuk kolom “publisher” diisi dengan nama penerbit yang menerbitkan buku tersebut.
5. Setelah Anda menyelesaikan proses pengisian data, silahkan klik menu “OK”. Secara otomatis data tersebut telah tersimpan.
6. Setelah tahap ini selesai, Anda dapat menambahkan sumber-sumber atau refernsi lain yang Anda gunakan untuk tulisan Anda. Jumlah dan jenis referensi tersebut tidak dibatasi sehingga Anda dapat menambahkannya sebanyak mungkin. Jika semua sumber dan referensi telah Anda masukkan, silahkan klik “close” untuk menutup menu “Sorce Manager”.
7. Langkah terakhir adalah cara menampilkan daftar pustaka yang telah Anda buat tadi. Caranya adalah dengan klik menu “Refernces” lalu klik “Bibliography”dan  “insert bibliography””. Kini daftar pustaka yang bersisi sumber dan referensi tulisan Anda sudah dapat dilihat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar