CARA MEMBUAT DAFTAR
PUSTAKA DI MICROSOFT WORD
Penulisan daftar pustaka dalam sebuah tulisan atau karya
ilmiah bukanlah sembarangan, melainkan harus memenuhi beberapa aturan baku yang
telah ditetapkan.
• Penulisan diurutkan
berdasarkan nama penulis dari mulai huruf A-Z dengan menuliskan nama
belakangnya terlebih dahulu. Setelah penulisan nama, berikutnya terdapat
penulisan tahun terbitnya buku yang diletakkan di dalam tanda kurung dengan
diakhiri tanda titik.
• Tulis judul buku secara miring lalu akhiri dengan tanda
titik.
• Berikutnya tulis lokasi buku diterbitkan lalu tambahkan
titik dua. Setelah tanda titik dua tuliskan nama penerbit buku tersebut.
Aturan-aturan tadi tentu menyulitkan Anda dalam penyusunan
daftar pustaka. Nah untuk memudahkan Anda yang sedang menyusun daftar pustaka,
berikut ini kami bagikan cara membuat daftar pustaka secara otomatis di
Microsoft Word.
1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah klik menu “References”
dan dilanjutkan dengan memilih “Manage Sources”.
2. Jika Anda telah memilih menu “Manage Sources”,
kini dalam layar komputer Anda akan muncul kotak “Source Manager”.
Berikutnya, klik “New” lalu pilihlah
sumber apa yang Anda pakai dalam tulisan Anda. Misal, sumber tulisan Anda
adalah buku maka pilihlah “Book”.
3. Langkah berikutnya adalah memilih bahasa yang
digunakan dalam penulisan daftar pustaka.Contohnya, jika Anda ingin
menggunakan bahasa Indonesia, maka pilihlah “Indonesian”.
4. Sekarang saatnya anda mengisi kelengkapan
sumber yang akan Anda tulis di daftar pustaka. Untuk kolom Author, isi
dengan nama pengarang atau penulis buku yang Anda jadikan sumber. Jika buku
tersebut ditulis oleh lebih dari satu orang, maka Anda tinggal klik “Add” untuk memasukkan nama penulis
lainnya, begitu seterusnya.
Untuk kolom “Title”
isilah dengan judul buku, kolom “year”
diisi dengan tahun buku diterbitkan, kolom “City” diisi dengan kota lokasi buku tersebut diterbitkan, sementara
untuk kolom “publisher” diisi dengan
nama penerbit yang menerbitkan buku tersebut.
5. Setelah Anda menyelesaikan proses pengisian data,
silahkan klik menu “OK”. Secara
otomatis data tersebut telah tersimpan.
6. Setelah tahap ini selesai, Anda dapat menambahkan sumber-sumber
atau refernsi lain yang Anda gunakan untuk tulisan Anda. Jumlah dan jenis
referensi tersebut tidak dibatasi sehingga Anda dapat menambahkannya sebanyak
mungkin. Jika semua sumber dan referensi telah Anda masukkan, silahkan klik “close” untuk menutup menu “Sorce Manager”.
7. Langkah terakhir adalah cara menampilkan daftar pustaka
yang telah Anda buat tadi. Caranya adalah dengan klik menu “Refernces” lalu klik “Bibliography”dan “insert
bibliography””. Kini daftar pustaka yang bersisi sumber dan referensi
tulisan Anda sudah dapat dilihat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar